Socialize

FacebookTwitterRSS

Berlangganan via Email

Flu Singapura Bukan Penyakit Bahaya

Sabtu, 11 Februari 2012 10:28 WIB.

PAKAR Penyakit Dalam Spesialis Paru-Paru Fakultas Kedokteran UGM dr. Sumardi SpPD KP, menegaskan flu Singapura bukan penyakit  berbahaya. Namun, masyarakat diminta tetap waspada terhadap penyakit yang ditimbulkan  virus coxsacie A16 (CA 16) dan EV71 ini, terutama  balita.

Sumardi

Juga perlu diwaspadai bagi yang mempunyai daya tahan tubuh rendah seperti anak-anak dan balita apalagi yang menderita asma, kelainan jantung dan paru-paru. Sumardi menyebutkan, penderita yang terserang penyakit ini biasanya mengalami penurunan daya tahan tubuh. Apabila anak-anak yang menderita asma, kelainan paru-paru dan jantung terkena flu Singapura dan daya tahan tubuhnya tidak bagus, maka penyakit ini akan memperberat penyakit bawaan.

“Sebetulnya virus ini tidak akan menimbulkan kematian, kecuali penderita memiliki penyakit lain misalnya asma, jantung, paru-paru, dan ginjal. Apabila tidak diantisipasi, dengan daya tahan tubuh yang menurun, akan memberatkan penyakit yang diderita bahkan mengakibatkan kematian,” jelasnya.

Gejala awa  penyakit ini menyerupai fu, seperti demam, sakit tenggorokan, pilek, tetapi disertai munculnya bintil-bintil berwarna merah berisi cairan di telapak tangan, kaki dan mulut. Flu Singapura memiliki masa inkubasi sekitar 2-4 hari. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak dan balita dan jarang menyerang orang dewasa karena memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat.

“Kalau dewasa biasanya yang muncul hanya sariawan,” terangnya.

Tidak ada obat khusus yang digunakan untuk virus flu Singapura. Dokter akan memberikan multivitamin untuk menaikkan daya tahan tubuh seperti yang biasa diberikan pada penderita influenza, obat penurun panas untuk mengatasi demam, dan salep untuk bintil-bintil di kulit. (affan safani)

 

 

Ditulis oleh on 11 Februari 2012. Dalam kategori Titik Nol. Anda dapat mengikuti respon/komentar melalui RSS 2.0. Anda dapat memberikan respon/komentar untuk berita/artikel ini.

2 Responses to Flu Singapura Bukan Penyakit Bahaya

  1. iqbal Balas

    8 Mei 2012 at 13:02

    berita flu singapore

  2. indah Balas

    18 Mei 2012 at 22:01

    apakah penyakit flu singapore ini setelah satu bulan sembuh bisa menginfeksi kembali??

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*


9 − 3 =

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dunia Jogja - Portal Berita Lokal Nomor 1  Dunia Jogja - Portal Berita Lokal Nomor 1